• Jl. Cibangkonol No. 28 Cileunyi
  • cibiruwetan2006@gmail.com

MAHASISWA KKNM-UNLA BERPARTISIPASI PEDULI LINGKUNGAN DI RW 15

10 September 2021 Ade Mahmudin Agenda Desa Dibaca 86 Kali

PEDULI LINGKUNGAN, MAHASISWA KKNM-UNLA IKUT BERPARTISIPASI DALAM MELAKUKAN PEMBERSIHAN SUNGAI DAN LINGKUNGAN SEKITAR RW 15 DESA CIBIRU WETAN

Bandung, 12 Agustus – 12 September 2021, kelompok KKNM (Kuliah Kerja Nyata Mahasiswa) Universitas Langlangbuana Bandung telah melakukan KKNM Di Desa Cibiru Wetan, Kecamatan Cileunyi, Kabupaten Bandung tepatnya di Komplek Bumi Cibiru Raya RW 15 yang menaungi 5 Rukun Tetangga.

Gambaran untuk RW 15 itu sendiri, merupakan salah satu RW yang menjadi figur untuk RW lainya, Dari segi sosial banyak partisipan dari RW 15. Dari segi Pandemi RW 15 sudah terwujud fasilitas mobil ambulans sendiri.

Hal menarik yang dimiliki RW 15 yaitu memiliki sebuah program yang bernama Gerakan “PINTAR” atau dengan kata lain Gerakan Peduli Lingkungan Sekitar, gerakan sudah terbentuk dan berjalan dengan berbagai proses yang panjang dan berkelanjutan serta adanya kerjasama semua pihak untuk pencapaian yang sempurna. Gerakan “PINTAR” ini merupakan aktivitas yang dilakukan mulai dari pribadi manusia hidup yang peduli pada lingkungannya, yang didasari atas kesadaran yang melahirkan perubahan perilaku hidup dan perubahan lingkungan sekitar merupakan outcome dari gerakan “PINTAR” di Bumi Cibiru Raya.

Selain itu, masyarakat RT 15 juga melakukan kegiatan pengasapan/ fogging rutin untuk mwncegah nyamuk demam berdarah atau nyamuk berbahaya lainnya, yang dapat menyebabkan penyakit. Kegiatan tersebut merupakan bentuk penerapan disiplin lingkungan, dan dalam kegiatan fogging tersebut mahasiswa KKNM-UNLA ikut turut berpartisipasi dan mendapat ilmu pengetahuan yang baru dalam menjaga lingkungan sekitar.

Mahasiswa KKNM-UNLA (Universitas Langlangbuana) juga turut ambil peran dalam berjalannya program “PINTAR” ini. Dimana Mahasiswa KKNM-UNLA memiliki program unggulan, yaitu pembersihan sungai dan lingkungan sekitar RW 15. Dimana pelaksanaanprogram unggulan ini dimulai dari membersihkan lingkungan sekitar RT 01 sampai RT 05 serta membersihkan sungai yang juga dibantu oleh warga sekitar dan juga menteri lingkungan hidup RW 15. Disamping, anggota KKNM melaksanakan program pembersihan sungai, program juga disertai dengan pembuatan keramba dan penangkaran ikan yang sudah running sejak tanggal 21 Agustus 2021, pengambilan program ini dilatar belakangi untuk membuat sungai bisa terlihat lebih terawat, bersih, dan tidak ada sampah yang membuat alirannya terhambat. Untuk pembuatan keramba juga untuk mengontrol keberadaan ikan didalamnya agar senantiasa aman dan memudahkan dalam pemeliharaan berlanjut dan bisa menjadi mata pencaharian masyarakat.

Selama keberlangsungan kegiatan KKNM-UNLA ini, berjalan dengan sangat baik berkat dukungan dari perangkat desa setempat beserta respon masyarakat sekitar yang positif dimana turut membantu mahasiswa KKNM-UNLA dalam berjalannya kegiatan. Pelaksanaan KKNM-UNLA oleh kelompok 23 ini diharapkan dapat membantu masyarakat untuk lebih peduli akan lingkungan yang sehat yang tentunya akan mendukung tumbuhnya perilaku yang sehat.

Silakan tulis komentar dalam formulir berikut ini (Gunakan bahasa yang santun)
Formulir Komentar (Komentar baru terbit setelah disetujui Admin)
CAPTCHA Image
Isikan kode di gambar