Desa Cibiru Wetan

Kec. Cileunyi
Kab. Bandung - Jawa Barat

Info
YUK ISI SURVEY KEPUASAN PELAYANAN PEMERINTAH DESA -- KLIK DISINI...

Artikel

MUSYAWARAH DESA INFORMASI PENYELENGGARAAN PEMERINTAH DESA (IPPD)

Operator Desa

28 Maret 2022

869 Kali dibuka

cibiruwetan.desa.id - Minggu, 27 Maret 2022 telah dilaksanakan Musyawah Desa dimana melaporkan Informasi Penyelenggaraan Pemerintah Desa (IPPD), Laporan Tahunan BUMDes Mawa Raharja, dan Laporan Kinerja Badan Permusyawaratan Desa Tahun 2021 di Gedung Serba Guna Desa Cibiru Wetan. Kegiatan ini dihadiri oleh Badan Permusyawaratan Desa (BPD), Lembaga Kemasyarakatan Desa, Perangkat desa, dan tokoh-tokoh masyarakat. Kegiatan musyawarah ini juga dapat disaksikan secara terbuka oleh masyarakat melalui  siaran langsung dari radio komunitas Swarga 107.8 FM melalui channel YouTube-nya.

Dalam Informasi Penyelenggaraan Pemerintah Desa (IPPD) ini diharapkan masyarakat dapat megenali dan memahami sejauh mana alur proses penggunaan anggaran dan belanja desa, sehingga masyarakat dari awal bisa menilai apakah penyelenggaraan pemerintahan desa ini berjalan sesuai atau tidak dengan koridor yang telah disepakati.

Kepala Desa Cibiru Wetan, Hadian Supriatna, S.P., menyampaikan kepada masyarakat bahwa disampaikannya Laporan Penilaian Kinerja Kepala Desa, masyarakat akan tahu seberapa kuat komitmen Kepala Desa dan perangkat desa untuk melaksanakan janji politiknya yang tertuang dalam visi dan misi pemerintahan desa. Sehingga masyarakat dari sekarang sudah bisa memikirkan harus seperti apa Desa Cibiru Wetan dibawa kedepan. Kita masih menyisakan 4 (empat) tahun masa pemerintahan desa, mudah-mudahan janji politik itu bisa kita tuntaskan.

Tujuan penyusunan LKPPD (Laporan Keterangan Penyelenggaraan Pemerintah Desa) menggambarkan capaian kemajuan penyelenggaraan pemerintah desa dalam kurun waktu 1 (satu) tahun sebagai bahan evaluasi kinerja pemerintah desa dan menjamin keterkaitan konsistensi antara perencanaan, penganggaran, dan pelaksanaan. 

Kerja BPD adalah kerja pengawasan pembahasan dan penilaian. Jadi di forum ini kita akan sama-sama memahami unjuk kerja masing-masing. Pemerintah desa menyampaikan penyelenggaraan pemerintah, BPD sesuai fungsinya akan melaksanakan fungsi menilai kinerja Kepala Desa, membahas dan menyapakati peraturan desa, dan menampung menyalurkan aspirasi masyarakat.

Kepala Desa menyampaikan Laporan Pertanggungjawaban Tahun 2021 sesuai dengan Visi Desa Terwujudnya Desa Cibiru Wetan Sejahtera, Agamis dan Berbudaya di Tahun 2025. Misi Pemerintah Desa yang disepakati sebagai bagian dari janji politik Kepala Desa terpilih yang dituangkan dengan peraturan desa RPJMDes menjadi misi desa, yaitu terdapat 12 (dua belas) misi. 12 (dua belas) misi yang harusnya dituntaskan dalam kurun waktu 6 (enam) tahun, Pemerintah Desa Cibiru Wetan berhasil menuntaskan 8 (delapan) misi hanya dalam kurun waktu 2 (dua) tahun saja. Dari akselerasi ini, Pemerintah Desa menyisakan 4 (empat) misi dalam waktu 4 (empat) tahun periode.

Kepala Desa juga menyampaikan kembali laporan pertanggungjawabannya pada saat kegiatan Laporan Keterangan Penyelenggaraan Pemerintah Desa (LKPPD) pada Kamis 29 Maret 2022 di kegiatan musyawarah desa hari ini.

Hadian Supriatna, S.P., menyampaikan permohonan maaf atas nama pemerintah desa dan seluruh lembaga desa apabila dalam memberikan pelayanan dan dalam melaksanakan kinerja masih belum memuaskan masyarakat. Tentunya penilaian masyarakat dalam forum ini akan dijadikan bahan evaluasi dan dicatat menjadi aspirasi oleh BPD untuk perbaikan kinerja di tahun berikutnya.

Kirim Komentar

Nama
Telp./HP
E-mail

Komentar

Captha

CAPTCHA Image

Komentar Facebook

Aparatur Desa

Kepala Desa

HADIAN SUPRIATNA,S.P.

Sekretaris Desa

ADE MAHMUDIN

BENDAHARA DESA

M. ALI MUHTAR, S.Pd

Kaur Perencanaan

HANI KARLINA, S.AP.

Kaur Tata Usaha & Umum

WAWAN RUSWANDI

Kasi Pemerintahan

ACEP DENI SOPIAN

Kasi Pelayanan

MOCH. RENDIE FAUZAN

Kasi Kesejahteraan

DUDU BUDIANTO

Kadus I

HAMID ABDUL MAJID, S.Pd

Kadus II

IMAN NURZAMAN

Kadus III

SOBARA

Kadus IV

YONGKI ARIESYANDI

Kadus V

CUCU KOMALASARI

Staff Kaur Keuangan

DINI SUMIATI, S.E.

Staff Pelayanan

SRI DEVI MAULIDDIOWATI

staf

RAHMAT

Lokasi Kantor Desa

Latitude:-6.92139976769103
Longitude:107.72943377494813

Desa Cibiru Wetan, Kecamatan Cileunyi, Kabupaten Bandung - Jawa Barat

Buka Peta

Wilayah Desa