Desa Cibiru Wetan

Kec. Cileunyi
Kab. Bandung - Jawa Barat

Info
YUK ISI SURVEY KEPUASAN PELAYANAN PEMERINTAH DESA -- KLIK DISINI...

Artikel

HIJAUKAN BUMI DENGAN PENANAMAN 1000 POHON DI DESA CIBIRU WETAN

Operator Desa

22 September 2021

1.009 Kali dibuka

HIJAUKAN BUMI DENGAN PENANAMAN 1000 POHON DI DESA CIBIRU WETAN

Cibiru Wetan, 18 September 2021

Fakultas Pertanian (Faperta) Universitas Padjajaran (Unpad) bekerja sama dengan pemerintah Desa Cibiru Wetan melakukan kegiatan penanaman 1000 pohon sebagai bentuk kegiatan pengabdian masyarakat di wilayah Tangga Seribu Kampung Cikoneng Babakan RW 018 dalam rangka Dies Natalies yang ke-62.

Kegiatan ini dihadiri langsung oleh Dr. Rija Sudirja, S.P., MT., selaku Wakil Dekan II Faperta Unpad, Kepala BPDASHL Cimanuk-Citanduy Ir. Rukma Dayadi, M.Si., Kepala UPTD SPTH Provinsi Jawa Barat Dr. Ir. Dede Mahmiludin, M.Si., dan tentunya pemerintah Desa Cibiru Wetan juga turut serta dalam kegiatan tersebut.

Kepala Desa Cibiru Wetan, Hadian Supriatna, S.P. menyampaikan bahwa upaya yang kita lakukan sekarang adalah dalam rangka mendukung Citarum Harum. Selain itu, Dr. Ir. Dede Mahmiludin, M.Si., selaku Kepala UPTD SPTH Provinsi Jawa barat sangat menyambut baik kegiatan ini dimana ini merupakan kegiatan konservasi alam, dengan harapan kegiatan seperti ini terus dilakukan agar “Leuweung Hejo, Rakyat Ngejo”. Wakil Dekan II Faperta Unpad Bapak Dr. Rija Sudirja, S.P., MT., juga berharap dalam penyelenggaraan penghijauan ini memberikan manfaat dan kedepannya kolaborasi tetap terjaga.

Selain untuk penghasil oksigen, pohon juga berperan penting dalam menyangga ekosistem, keanekaragaman hayati dan penghidupan masyarakat dalam mencapai keamanan pangan. Menanam pohon akan berhasil ketika pohon yang tepat ditanam sesuai dengan kondisi dan kebutuhan di sekitar wilayah tersebut. Dilihat dari kondisi wilayah Tangga Seribu, pemilihan pohon harus tepat dan memiliki manfaat jangka panjang guna mencegah terjadinya erosi tanah, memberikan pangan, dan mampu menyimpan air.

Dari kegiatan ini, kita mendapatkan inspirasi bagaimana mengelola kawasan hutan kedepannya dengan tanaman-tanaman yang mampu menyimpan air. Pohon picung, aren, kemiri, dan kayu manis adalah tanaman yang direkomendasikan oleh BPDASHL Cimanuk-Citanduy sebagai tamanan yang cocok ditanam di sekitar Gunung Manglayang. Mudah-mudahan ini akan menjadi langkah pemerintah Desa Cibiru Wetan mendorong para petani penggerak untuk menanam tanaman yang produktif dan juga memberi manfaat jangka panjang terhadap kelestarian lingkungan.

Ingat! Dengan menanam berarti kita turut serta dalam menjaga kelangsungan ekosistem, yang sangat berperan demi kelangsungan makhluk hidup dan lingkungan. Mari kita jaga dan lestarikan hutan dengan gerakan menanam 1000 pohon, merawat, dan memeliharanya.

TERUS TANAM POHON!

 

Kirim Komentar

Nama
Telp./HP
E-mail

Komentar

Captha

CAPTCHA Image

Komentar Facebook

Aparatur Desa

Kepala Desa

HADIAN SUPRIATNA,S.P.

Sekretaris Desa

ADE MAHMUDIN

BENDAHARA DESA

M. ALI MUHTAR, S.Pd

Kaur Perencanaan

HANI KARLINA, S.AP.

Kaur Tata Usaha & Umum

WAWAN RUSWANDI

Kasi Pemerintahan

ACEP DENI SOPIAN

Kasi Pelayanan

MOCH. RENDIE FAUZAN

Kasi Kesejahteraan

DUDU BUDIANTO

Kadus I

HAMID ABDUL MAJID, S.Pd

Kadus II

IMAN NURZAMAN

Kadus III

SOBARA

Kadus IV

YONGKI ARIESYANDI

Kadus V

CUCU KOMALASARI

Staff Kaur Keuangan

DINI SUMIATI, S.E.

Staff Pelayanan

SRI DEVI MAULIDDIOWATI

staf

RAHMAT

Lokasi Kantor Desa

Latitude:-6.92139976769103
Longitude:107.72943377494813

Desa Cibiru Wetan, Kecamatan Cileunyi, Kabupaten Bandung - Jawa Barat

Buka Peta

Wilayah Desa