Desa Cibiru Wetan

Kec. Cileunyi
Kab. Bandung - Jawa Barat

Info
YUK ISI SURVEY KEPUASAN PELAYANAN PEMERINTAH DESA -- KLIK DISINI...

Artikel

RUWATAN LEUWEUNG BABAKTI GUNUNG MANGLAYANG

Operator Desa

24 Agustus 2022

887 Kali dibuka

cibiruwetan.desa.id - Ruwatan Leuweung Babakti Gunung Manglayang adalah salah satu kearifan lokal demi menyatukan antara alam dan manusia sekitar penghuni kaki Gunung Manglayang di area Batu Kuda tepatnya di Kampung Cikoneng, Desa Cibiru Wetan, Kecamatan Cileunyi, Kabupaten Bandung. Ruwatan leuweung ini digelar setiap tahun sekali tepatnya di bulan Februari.

Ruwatan adalah sebuah tradisi upacara adat yang sejak dulu hingga sekarang masih dilestarikan dan dimanfaatkan oleh masyarakat secara luas. Meruwat berasal dari kata ruwat dalam Bahasa jawa, yang memiliki arti membuang sial atau menyelamatkan orang dari gangguan tertentu. Adapun ruwatan ini sebenarnya telah ada sejak jaman dahulu dan sampai sekarang masih dilestarikan dan juga demi menjaga kerifan lokal.

Kearifan lokal adalah semua bentuk keyakinan, pemahaman, atau wawasan serta adat kebiasaan atau etika yang menuntun perilaku manusia dalam kehidupan, kearifan lokal menjadi sebuah sarana mengolah kebudayaan dan mempertahankan diri dari kebudayaan asing yang tidak baik. Kearifan lokal menjadi pandangan hidup, ilmu pengetahuan, dan berbagai strategi dengan wujud aktivitas yang dilakukan masyarakat lokal yang ada di kaki Gunung Manglayang Kampung Cikoneng 1 (satu).

Ruwatan bukan semata-mata tradisi yang dilakukan secara turun temurun, tetapi juga merupakan suatu bentuk dari refleksi spiritualitas manusia. Ruwatan dilakukan bukan untuk menyembah tumbuhan atau hewan atau alam, tapi untuk memanjatkan do’a kepada Sang Khalik yang Satu, Sang Pencipta yang Maha Pengasih dan Penyayang, Tuhan yang Maha Esa.

Kegiatan ruwatan ini diwujudkan melalui sebuah ritual dengan berbagai hal yang menyertainya, seperti halnya sasajen dan alunan musik, dan para warga lokal yang mengikuti ruwatan memakai baju sunda atau baju adat,  ini merupakan bentuk ucapan syukur manusia terhadap apa yang diberikan oleh Tuhan yang Maha Esa.

Acara ruwatan dengan berbagai atribut yang menyertainya, merupakan bentuk dari refleksi spiritualitas. Berbagai hal yang menyertai acara ruwatan tersebut merupakan simbol dari kebersyukuran manusia atas kehidupan yang telah diberikan oleh Tuhan yang Maha Esa melalui berbagai hasil alam yang diterimanya. (Rini Abdi Marhaeni)

 

Kirim Komentar

Nama
Telp./HP
E-mail

Komentar

Captha

CAPTCHA Image

Komentar Facebook

Aparatur Desa

Kepala Desa

HADIAN SUPRIATNA,S.P.

Sekretaris Desa

ADE MAHMUDIN

BENDAHARA DESA

M. ALI MUHTAR, S.Pd

Kaur Perencanaan

HANI KARLINA, S.AP.

Kaur Tata Usaha & Umum

WAWAN RUSWANDI

Kasi Pemerintahan

ACEP DENI SOPIAN

Kasi Pelayanan

MOCH. RENDIE FAUZAN

Kasi Kesejahteraan

DUDU BUDIANTO

Kadus I

HAMID ABDUL MAJID, S.Pd

Kadus II

IMAN NURZAMAN

Kadus III

SOBARA

Kadus IV

YONGKI ARIESYANDI

Kadus V

CUCU KOMALASARI

Staff Kaur Keuangan

DINI SUMIATI, S.E.

Staff Pelayanan

SRI DEVI MAULIDDIOWATI

staf

RAHMAT

Lokasi Kantor Desa

Latitude:-6.92139976769103
Longitude:107.72943377494813

Desa Cibiru Wetan, Kecamatan Cileunyi, Kabupaten Bandung - Jawa Barat

Buka Peta

Wilayah Desa