• Jl. Cibangkonol No. 28 Cileunyi
  • cibiruwetan2006@gmail.com

HIJAUKAN BUMI DENGAN PENANAMAN 1000 POHON DI DESA CIBIRU WETAN

21 September 2021 Ade Mahmudin Agenda Desa Dibaca 42 Kali

HIJAUKAN BUMI DENGAN PENANAMAN 1000 POHON DI DESA CIBIRU WETAN

Cibiru Wetan, 18 September 2021

Fakultas Pertanian (Faperta) Universitas Padjajaran (Unpad) bekerja sama dengan pemerintah Desa Cibiru Wetan melakukan kegiatan penanaman 1000 pohon sebagai bentuk kegiatan pengabdian masyarakat di wilayah Tangga Seribu Kampung Cikoneng Babakan RW 018 dalam rangka Dies Natalies yang ke-62.

Kegiatan ini dihadiri langsung oleh Dr. Rija Sudirja, S.P., MT., selaku Wakil Dekan II Faperta Unpad, Kepala BPDASHL Cimanuk-Citanduy Ir. Rukma Dayadi, M.Si., Kepala UPTD SPTH Provinsi Jawa Barat Dr. Ir. Dede Mahmiludin, M.Si., dan tentunya pemerintah Desa Cibiru Wetan juga turut serta dalam kegiatan tersebut.

Kepala Desa Cibiru Wetan, Hadian Supriatna, S.P. menyampaikan bahwa upaya yang kita lakukan sekarang adalah dalam rangka mendukung Citarum Harum. Selain itu, Dr. Ir. Dede Mahmiludin, M.Si., selaku Kepala UPTD SPTH Provinsi Jawa barat sangat menyambut baik kegiatan ini dimana ini merupakan kegiatan konservasi alam, dengan harapan kegiatan seperti ini terus dilakukan agar “Leuweung Hejo, Rakyat Ngejo”. Wakil Dekan II Faperta Unpad Bapak Dr. Rija Sudirja, S.P., MT., juga berharap dalam penyelenggaraan penghijauan ini memberikan manfaat dan kedepannya kolaborasi tetap terjaga.

Selain untuk penghasil oksigen, pohon juga berperan penting dalam menyangga ekosistem, keanekaragaman hayati dan penghidupan masyarakat dalam mencapai keamanan pangan. Menanam pohon akan berhasil ketika pohon yang tepat ditanam sesuai dengan kondisi dan kebutuhan di sekitar wilayah tersebut. Dilihat dari kondisi wilayah Tangga Seribu, pemilihan pohon harus tepat dan memiliki manfaat jangka panjang guna mencegah terjadinya erosi tanah, memberikan pangan, dan mampu menyimpan air.

Dari kegiatan ini, kita mendapatkan inspirasi bagaimana mengelola kawasan hutan kedepannya dengan tanaman-tanaman yang mampu menyimpan air. Pohon picung, aren, kemiri, dan kayu manis adalah tanaman yang direkomendasikan oleh BPDASHL Cimanuk-Citanduy sebagai tamanan yang cocok ditanam di sekitar Gunung Manglayang. Mudah-mudahan ini akan menjadi langkah pemerintah Desa Cibiru Wetan mendorong para petani penggerak untuk menanam tanaman yang produktif dan juga memberi manfaat jangka panjang terhadap kelestarian lingkungan.

Ingat! Dengan menanam berarti kita turut serta dalam menjaga kelangsungan ekosistem, yang sangat berperan demi kelangsungan makhluk hidup dan lingkungan. Mari kita jaga dan lestarikan hutan dengan gerakan menanam 1000 pohon, merawat, dan memeliharanya.

TERUS TANAM POHON!

 

Silakan tulis komentar dalam formulir berikut ini (Gunakan bahasa yang santun)
Formulir Komentar (Komentar baru terbit setelah disetujui Admin)
CAPTCHA Image
Isikan kode di gambar