Desa Cibiru Wetan

Kec. Cileunyi
Kab. Bandung - Jawa Barat

Info
YUK ISI SURVEY KEPUASAN PELAYANAN PEMERINTAH DESA -- KLIK DISINI...

Artikel

RUMAH PILAH SAMPAH

Operator Desa

24 Agustus 2022

900 Kali dibuka

cibiruwetan.desa.id - Pemilahan sampah dapat diartikan sebagai suatu proses kegiatan penanganan sampah sejak dari sumbernya dengan memanfaatkan pengguna sumber daya secara efektif yang diawali dari pewadahan, pengumpulan, pengangkutan, pengolahan, hingga pembuangan.

Sampah adalah masalah global yang hingga kini masih dicari jalan keluarnya. Produksi sampah masyarakat kian hari kian bertambah, menyebabkan pegunungan di tempat pembuangan akhir. Rumah sampah ini sebenarnya ide dari Kepala Desa Cibiru Wetan yang ingin mengadakan rumah pilah sampah, Adapun program ini Bernama CIBERSTAMA (Cibiru Wetan Bersih Sampah Tanggung Jawab Bersama).

Rumah pilah sampah ini dikhususkan untuk masyarakat Desa Cibiru Wetan dan rumah pilah ini sudah berlangsung hingga 2 tahun dan sampai sekarang ini, kemudian ada beberapa RT/RW yang membuang sampah ke tempat rumah pilah sampah itu yaitu: RW 12, RW 09, RW 10 dan individu atau kurang lebih 200 pelanggan yang membuang sampah ke tempat rumah pilah itu, pengambilan sampah itu dilaksanakan 4 (empat) kali dalam satu minggu ke kampung-kampung.

Pemilihan sampah adalah kegiatan mengelompokkan dan memisahkan sampah sesuai dengan jenis, jumlah atau sifat sampah. Tahap pemilihan sampah yang lebih maju dilakukan dengan memilah sampah berdasarkan sampah organik dan anorganik dan sampah spesifik lainnya yaitu sampah B3 (Bahan Beracun Berbahaya).

Adapun tujuan dari pemilihan sampah ini yaitu untuk mempermudah pengolahan sampah selanjutnya. Selain memudahkan pengolahan sampah selanjutnya pemilahan sampah organik dan anorganik dapat mengurangi pencemaran udara yang diakibatkan oleh penumpukan sampah yang masih tercampur antara sampah organik dan anorganik. Pencemaran udara dapat juga menimbulkan masalah Kesehatan, terutama yang berhubungan dengan paru-paru dan pernafasan.

Pemilahan ini berarti upaya untuk memisahkan sekumpulan dari sesuatu yang sifatnya heterogeny menurut jenis atau kelompoknya sehingga menjadi beberapa golongan yang sifatnya homogen. Manajemen pemilahan sampah dapat diartikan sebagai suatu proses kegiatan penanganan sampah sejak dari sumbernya dengan memanfaatkan penggunaan sumber daya secara efektif yang diawali dari pewadahan, pengumpulan, pengangkutan, pengolahan, hingga pembuangan. Kemudian pengolahan atau pemilahan sampah. (Rini Abdi Marhaeni)

Kirim Komentar

Nama
Telp./HP
E-mail

Komentar

Captha

CAPTCHA Image

Komentar Facebook

Aparatur Desa

Kepala Desa

HADIAN SUPRIATNA,S.P.

Sekretaris Desa

ADE MAHMUDIN

BENDAHARA DESA

M. ALI MUHTAR, S.Pd

Kaur Perencanaan

HANI KARLINA, S.AP.

Kaur Tata Usaha & Umum

WAWAN RUSWANDI

Kasi Pemerintahan

ACEP DENI SOPIAN

Kasi Pelayanan

MOCH. RENDIE FAUZAN

Kasi Kesejahteraan

DUDU BUDIANTO

Kadus I

HAMID ABDUL MAJID, S.Pd

Kadus II

IMAN NURZAMAN

Kadus III

SOBARA

Kadus IV

YONGKI ARIESYANDI

Kadus V

CUCU KOMALASARI

Staff Kaur Keuangan

DINI SUMIATI, S.E.

Staff Pelayanan

SRI DEVI MAULIDDIOWATI

staf

RAHMAT

Lokasi Kantor Desa

Latitude:-6.92139976769103
Longitude:107.72943377494813

Desa Cibiru Wetan, Kecamatan Cileunyi, Kabupaten Bandung - Jawa Barat

Buka Peta

Wilayah Desa